Rabu, 06 Februari 2013

Syukur Vs Puji



(الشكر والحمد)
Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering mendengar kata “syukur dan puji”. Dalam ceramah agama, sambutan pemimpin  bahkan sampai pembawa acaranya pun pasti menggunakan kata “puji dan syukur”. “marilah kita ungkapkan puja-puji syukur kita kehadirat Allah SWT, dengan mengucapkan Alhamdllah”, seolah menjadi kata wajib bagi setiap orang yang ada dipodium atau orang yang sedang berbicara didepan khalayak ramai dalam acara formal atau semiformal. (cangkruan nak warung kopi gak usah pakek kata2 itu boz,,,hehehe)
Saya tidak membahas panjanng lebar tentang keseharian kita yang sering mendengar kata puji dan syukur…(bukan puji ma syukur tetangga ente boz..😉 becanda bro😊). Tapi yang akan kita bahas adalah perbedaan antara syukur dan puji (الشكر والحمد). Sebenarnya dimana letak perbedaannya???😌 yok kita simak keterangan dibawah ini..!!
Perbedaan yang paling mendasar antara الشكر dan  الحمد  adalah dilihat dari susunan hurufnya klu syukur terdiri dari huruf syin, kaf dan ra, sedang kata hamdu terdiri dari kha, mim dan dal. (klu gini anak TK mah udah pada tu ya boz… hehehe😁 ). Oke kita serius sekarang boz..  Kata syukur dan hamdu jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti syukur dan puji memiliki perbedaan. Perbedaanya keduanya antara lain:
ü  Ditinjau dari segi sebab:
Ø  Hamdu itu memuji kepada orang yang dipuji baik orang itu memberikan kebaikan kepada si pemuji ataupun tidak.  Dengan demikian hamdu ini memuji tanpa sebab (cieh…cieh jadi inget kata-kata mencintaimu tanpa sebab 😍)
Ø  Berbeda dengan kata syukur, syukur memiliki pengertian memuji, karena yang dipuji telah memberikan kebaikan kepada si pemuji.. jadi syukur ini memuji karena ada sebabnya.
Nah itu tadi perbedaan syukur ama puji ditinju eh… di tinjau dari segi sebab boz.. sekarang kita lihat perbedaan syukur dan hamdu (syukur dan puji)  dari segi macamnya. Klu ditinjau dari segi macamnya ne boz,,, syukur dan hamdu memiliki perbedaan:
Ø  Syukur itu bermacam-macam, ada yang menggunkan lisan, anggota badan seperti tangan dan menggunkan hati (qolb).
Ø  Klu hamdu, itu gak bermacam-macam (aq juga gak macam-macam kok cak 😞), hamdu itu hanya menggunakkan lisan dan hati saja (aq cinta kamu juga pakek saja…  eh,,,… ngelantur mulu ne)
Yapz, itu tadi perbeedaan antara hamdu dan syukur, jadi antara syukur dan puji itu memiliki perbedaan…


v  Tulisan ini adalah saduran dari buku “  Tafsir Al-Fatihah wa Al-mua’widzatain” yang ditulis oleh Al-imam Muhammad Abdul Wahab..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar